Friday 27 September 2013

Perpustakaan SMK N 1 Salatiga



Seputar Perpustakaan
Perpustakaan SMKN 1 Salatiga sudah memiliki gedung dan ruang yang cukup baik, karena berada di tengah pusat pembelajaran dan pusat kegiatan siswa. Tidak seperti letak beberapa perpustakaan sekolah lain yang menempatkan perpustakaan di tempat paling pojok dengan toilet dan jauh dari kegiatan belajar mengajar disekolah, sehingga perpustakaan terkesan kumuh dan tidak menarik.
Hal ini berbeda dengan perpustakaan SMK N 1 Salatiga. Namun saat ruang perpustakaan masih kurang luas, karena hanya menempati satu ruang kelas, ditambah dengan sedikit raung tambahan di samping perpustakaan yang saat ini digunakan sebagai ruang kepala perpustakaan dan gudang. Perpustakaan SMK N 1 Salatiga memiliki beberapa sarana prasarana yang mendukung kegiatan perpustakaan menuju perpustakaan yang terotomasi antara lain:
Komputer
Saat ini jumlah computer yang akan digunakan untuk kegiatan perpustakaan berjumlah 5 (lima) unit yang akan diperuntukkan sebagai baerikut :
1)      1 (satu) unit computer akan digunakan sebagai server
2)      1 (satu) unit computer akan digunakan sebagai kegiatan pelayanan dan administrasi
3)      1 (satu) unit Komputer akan digunakan sebagai absensi pengunjung (counter pengunjung)
4)      2 (dua) unit computer digunakan sebagai sarana penelusuran atau OPAC (Online Public Acces Catalog)  

Printer
Saat ini perpustakaan SMK N 1 Salatiga hanya memiliki 1 (satu) unit printer model Merk HP dan model Infus serta dapat digunakan sebagai scanner

Scanner Barcode
SMKN 1 Salatiga telah memiliki 2 Scanner Barcode yang berada di bagian sirkulasi dan absensi pengunjung

Internet
Perpustakaan juga telah dilengkapi dengan internet, sehingga semua computer yang digunakan di perpustakaan dapat juga digunakan untuk mengakses internet

Sumber Daya Manusia
Perpustakaan SMK N 1 Salatiga hanya memiliki 2 (dua) orang tenaga pengelola perpustakaan yaitu 1 (satu) orang kepala (saat ini dijabat oleh Dra. Sri Kustiyah) dan 1 (satu) orang staf (Sutrisno, A.Ma).
Jika melihat dari jumlah pengelola yang ada, sebenarnya masih sangat kurang, oleh sebab itu dalam melaksanakan kegiatan perpustakaan seringkali kewalahan, karena kepala perpustakaan juga masih memiliki tanggungjawab sebagai guru, jadi sewaktu-waktu harus meninggalkan perpustakaan untuk mengajar. Namun untuk mengatasi hal ini, mereka dibantu dengan tenaga siswa SMKN 1 Salatiga sendiri yang magang atau Prakerin di perpustakaan. hal ini diharapkan agar dapat membantu kegiatan perpustakaan.

No comments:

Post a Comment