Monday 18 March 2013

USER EDUCATON (PENDIDIKAN PEMUSTAKA) : Upaya Mendekatkan Perpustakaan dengan Mahasiswa

Oleh :
Itmamudin, SS 

Keberadaan perpustakaan pada suatu lembaga pendidikan terutama pendidikan tinggi mutlak ada dan sangat diperlukan. Begitu pentingnya peranan perpustakaan ini, sehingga dapat dikatakan bahwa eksistensi perpustakaan berperan sebagai jantungnya perguruan tinggi (Lasa, 86 : 74).
Hal tersebut dilandasi dengan fungsi perpustakaan yang berupaya memberikan dan melengkapi fasilitas membaca untuk kepentingan pendidikan, rekreatif dan penelitian. Melalui kegiatan perpustakaan yang meliputi kegiatan mengadakan dan mengumpulkan, mengolah, dan melestarikan, dan menyebarluaskan informasi sesuai dengan kurikulum, hal ini diharapkan dapat memperkaya khasanah keilmuan dan wawasan pemahaman bagi seluruh civitas akademika STAIN Salatiga.
Sebagai sumber informasi dan tempat menyebarluaskan ilmu pengetahuan, perpustakaan juga menjadi jembatan bagi program pendidikan di perguruan tinggi. Bagaimanapun belajar di perguruan tinggi lebih bersifat individual dan tidak hanya sekedar mengandalkan ilmu pengetahuan yang disampaikan dari dosennya saja, melainkan dari sumber lain juga sangat diperlukan. Oleh  karena itu pada awal perkuliahan perlu dibuat komitmen bersama antara dosen dengan mahasiswa tentang perkuliahan yang akan dijalani, aturan mainnya dan buku-buku referensi yang wajib dipelajari.
Di dalam memanfaatkan perpustakaan, tidak semua mahasiswa baru mampu memahami bagaimana cara menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien. Oleh karena itu perlu inisiatif dari perpustakaan untuk mengadakan bimbingan atau pendidikan pemustaka untuk memberikan bekal bagi mahasiswa cara memanfaatkan perpustakaan dan semua fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan.
Adapun tujuan utama dari kegiatan tersebut  memperkenalkan perpustakaan kepada pemustaka agar mahasiswa familer terhadap perpustakaan. “tak kenal maka tak sayang” peribahasa ini menggambarkan pentingnya mengenalkan perpustakaan terhadap mahasiswa. Ketika mahasiswa tidak mengenal perpustakaan, maka sebenarnya sebuah kerugian bagi mereka karena tidak menikmati fasilitas yang disediakan oleh lembaga.
Secara rinci user education bertujuan untuk :
1.    Mengenalkan prosedur pemanfaatan perpustakaan kepada mahasiswa
2.    Membekali mahasiswa menggunakan koleksi perpustakaan secara efektif dan efisien.
Koleksi yang disediakan oleh perpustakaan sangat beragam, dari cetak maupun noncetak.
3.    Membekali mahasiswa menggunakan sumber-sumber literatur dan informasi yang relevan dengan masalah yang dihadapi.
4.    Memberikan pemahaman pada mahasiswa akan tersedianya informasi di perpustakaan dalam bentuk tercetak atau tidak tercetak.
5.    Memperkenalkan kepada mahasiswa jenis-jenis koleksi serta ciri-cirinya.
6.    Memberikan latihan atau petunjuk dalam menggunakan perpustakaan dan sumber-sumber informasi agar mahasiswa mampu meneliti suatu masalah, menemukan materi yang relevan, mempelajari dan memecahkan masalah.
7.    Mengembangkan minat baca pemustaka
8.    Mendekatkan jarak antara pustakawan dengan pemustaka
Mudah-mudahan ke depan kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan, agar mahasiswa dekat dengan perpustakaan. sehingga ilmu pengetahuan dan informasi yang berada di perpustakaan dapat digali dengan sebaik-baiknya oleh pemustaka.


No comments:

Post a Comment